Fakultas Hukum

Fakultas Hukum Universitas Nasional

BeritaGaleriKegiatanNewsPengumumanPublikasi

Etika Profesi Dalam Penegakan Hukum Itu Sangat Penting Guna Mewujudkan Keadilan, Kepastian dan Kemanfaatan Hukum

Demikian disampaikan oleh Dr. Fajar Laksono Suroso, SH., MH., Juru Bicara Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia dalam Acara Pelepasan Lulusan Semester Ganjil Tahun Akademik 2023/2024 Program Studi Hukum dan Program Magister Hukum Fakultas Hukum Universitas Nasional dilaksanakan di Aula Utama Universitas Nasional Blok I Lantai IV Kampus Pejaten Pasar Minggu, Jakarta Selatan pada hari Sabtu, 18 Mei 2024.

Lebih lanjut Fajar Laksono mengungkapkan bahwa area profesi hukum itu meliputi pembentukan dan penegakan hukum yang Ber-Ketuhanan Yang Maha Esa yaitu dengan a). Menjunjung kemanusiaan yang adil dan beradab yang dapat dicerminkan ke dalam perilaku adanya pengakuan atas persamaan derajat, hak, dan kewajiban, toleran dan  menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, b). Mengedepankan persatuan dan kesatuan bangsa. Komitmen dan sikap yang selalu mengutamakan persatuan dan kesatuan Indonesia di atas kepentingan pribadi, kelompok, dan golongan merupakan karakteristik khas bangsa Indonesia, c). Demokratis dan menjunjung tinggi hukum dan hak asasi manusia yang tercermin dalam perilaku yang mengutamakan kepentingan masyarakat mengutamakan musyawarah untuk mufakat dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama, dan d). Mengedepankan keadilan dan kesejahteraan yang akan tercermin antara lain dalam sikap dan suasana kekeluargaan dan kegotongroyongan,

Lebih lanjut dikemukakan bahwa ada 10 kebiasaan baik profesi hukum  yaitu mau dan berani berpikir serta bertindak kritis, menghargai perbedaan/toleransi, hidup mandiri, jangan bersandar atau menggantungkan urusan kepada orang lain. Jadilah dirimu sendiri, berkomunikasi dengan baik: empati, asertif, dan respek, mulai pintar-pintar menabung dan mengontrol keuangan. Hindari sifat boros, konsumerisme, dan memenuhi keinginan belaka bukan berbasis kebutuhan, berfikir positif, jangan suka overthinking, pandai-pandai mengatur waktu, jangan membuang atau menghabiskan waktu untuk hal-hal yang tidak bermanfaat, kerja keras dan kerja cerdas, menjaga kesehatan dan stamina dengan berolah raga dan asupan makanan yang sehat  di tengah gempuran serbuan makanan instan yang tidak ramah bagi kesehatan diri.

Hadir dalam acara tersebut Dekan Prof. Dr. Basuki Rekso Wibowom SH., MS., Wakil Dekan Dr. Mustakim, SH., MH., Ketua Program Studi Hukum Masidin, SH., MH., Sekretaris Program Magister Hukum Dr. Ummu Salamah, S.Ag., SH., MA., Sekretaris Program Studi Hukum Cucuk Endratno, SH., MH., ada beberapa Dosen baik pada Program Studi Hukum maupun Dosen Program Magister Hukum.

Pelepasan lulusan semester genap tahun akademik 2023/2024 terdiri dari 84 Mahassiswa lulusan Program Studi Hukum dan 25 Mahasiswa lulusan Program Magister Hukum. Dalam sambutannya Dekan Fakultas Hukum mengucapkan selamat kepada para lulusan semoga dapat menggapai impian dalam kehidupan masa depan yang lebih baik. Dekan juga menyampaikan bahwa ilmu yang didapatkan selama perkuliahan diharapkan dapat menjadi bekal bagi para lulusan dalam kehidupan masyarakat yang semakin berkembang ditengah-tengah persaingan yang sangat ketat, semoga para lulusan Fakultas Hukum Universitas Nasional dapat memenangkan persaingan untuk meraih cita-cita yang cemerlang. (Msd).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *