Fakultas Hukum

Fakultas Hukum Universitas Nasional

BeritaGaleriKegiatanPengumuman

PELATIHAN PENULISAN SKRIPSI KEPADA MAHASISWA PROGRAM STUDI SARJANA FAKULTAS HUKUM

Program Studi Sarjana Hukum Fakultas Hukum Universitas Nasional memberikan pelatihan penulisan skripsi kepada para mahasiswa yang pada semester genap tahun akademik 2022/2023 ini sedang menyusun skripsi sarjana. Pelatihan dilaksanakan pada hari Jum’at, 31 Maret 2023 secara online melalui aplikasi zoom dihadiri oleh sekitar 35 mahasiswa. Hadir dalam pelatihan tersebut adalah Wakil Dekan Dr. Mustakim, SH., MH., Ketua Program Studi Masidin, SH., MH., Sekretaris Program Studi Cucuk Endratno, SH., MH.

Dr. Mustakim, SH., MH., dalam paparannya menyampaikan bahwa untuk penulisan judul skripsi itu harus dilakukan perumusan permasalahan terkebih dahulu, kemudian judul berbentuk kalimat pernyataan, tidak boleh lebih dari duapuluh kata dan merupakan refleksi terbatas dari perumusan masalah atau permasalahan. Lebih lanjut Mustakim menyampaikan bahwa sistematika skripsi harus sesuai dengan buku pedoman penulisan skripsi yang telah ditetapkan melalui Keputusan Dekan Nomor 71B/DK-FH/VIII/2020. Bahwa skripsi terdiri dari lima Bab, yaitu Bab 1 Pendahuluan, Bab II Tinjauan Pustaka, Bab III Obyek/Fakta Hukum, Bab IV Analisis Yuridis dan Bab V Penutup.

Kemudian Masidin, SH., MH., menyampaikan bahwa mahasiswa dalam menulis skripsi harus memperhatikan kaidah penulisan ilmiah untuk menghindari plagiarisme, untuk itu diminta kepada para mahasiswa agar selalu mencantumkan referensi yang dirujuk. Sistem rujukan yang digunakan oleh Program Studi Hukum adalah foot noote, oleh karena itu diminta kepada para mahasiswa agar memperhatikan teknis pengutipan langsung maupun pengutipan tidak langsung serta cara menulis catatan kaki baik itu ibid, op.cit., maupun loc.cit serta penulisan daftar pustaka.

Sedangkan Cucuk Endratno, SH., MH., meminta kepada para mahasiswa yang sedang menulis skripsi agar konsisten dalam melaksanakan bimbingan skripsi, bimbingan skripsi harus dilakukan sesuai waktu yang telah ditetapkan dan tidak melaksanakan bimbingan skripsi ketika waktu pendaftaran hampir ditutup.(Msd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *