Fakultas Hukum

Fakultas Hukum Universitas Nasional

BeritaGaleriKegiatanKegiatan dan PrestasiKerja sama

Tujuan Hukum Adalah Untuk Memberikan Keadilan,Kepastian Hukum dan Kemanfaatan Bagi Masyarakat

 

Demikian disampaikan oleh Ahli Hukum Pidana Dr. Deni Setya Bagus Yuherawan, SH.,M.S. Dosen Fakultas Hukum Universitas Bangkalan Madurayang juga menjabat sebagai Wakil Rektor I Universitas Trunojoyo Madura dalam Kuliah Umum dihadapan Mahasiswa dan Dosen Fakultas Hukum Universitas Nasional yang diadakan pada hari Kamis, 22 Desember 2022 di Ruang Serbaguna Fakultas Hukum Universitas Nasional. Acara kuliah umum dihadiri oleh Mahasiswa, Dosen dan juga Pimpinan Fakultas Hukum Universitas Nasional.

Lebih lanjut Dr. Deni Setya Bagus Yuherawan, SH.,M.S., menyampaikan adagium hukum dari seorang filosof Cicero yang mewariskan kepada kita hingga saat kini yaitu summum ius summa iniuria”atau dalam bahssa Inggris “Rigorous law is often rigorous injustice” yang artinya bahwa Hukum yang ketat seringkali merupakan ketidakadilan yang ketat, Keadilan tertinggi merupakan ketidakadilan tertinggi. Kemudian dengan mengutip pendapat Satjipto Rahardjo bahwa Masyarakat tidak hanya ingin melihat keadilan diciptakan dalam masyarakat dan kepentingan-kepentingannya dilayani oleh hukum, melainkan juga menginginkan agar dalam masyarakat terdapat peraturan-peraturan yang menjamin kepastian dalam hubungan mereka satu sama lain. Hukum dituntut untuk memenuhi berbagai karya, yaitu: keadilan, kegunaan (kemanfataan) dan kepastian hukum. Sekalipun ketiganya itu (keadilan, kepastian hukum, dan kemanfaatan) merupakan nilai-nilai dasar hukum, namun antara mereka terdapat suatu “spannungsverhaltnis”, suatu ketegangan satu sama lain. Hubungan atau keadaan semacam ini bisa dipahami, oleh karena ketiga-tiganya berisi tuntutan yang berlain-lainan dan yang satu sama lain mengandung potensi untuk bertentangan.

Dalam kuliah umum yang diinisiasi oleh Dr. Mas Subagyo Eko Prasetyo, SH., M.Hum., yang juga merupakan Dosen Fakultas Hukum Universitas Nasional tersebut, Wakil Dekan Fakultas Hukum Universitas Nasional Dr. Mustakim, SH., MH., menyampaikan rasa terima kasih yang tak terhingga kepada Bapak Dr. Deni Setya Bagus Yuherawan, SH.,M.S. Dosen Fakultas Hukum Universitas Bangkalan Madurayang juga menjabat sebagai Wakil Rektor I Universitas Trunojoyo Madura, di tengah-tengah kesibukannya menyempatkan waktunya untuk berbagi ilmu kepada Mahasiswa dan Dosen Fakultas Hukum Universitas Nasional. Wakil Dekan menyampaikan bahwa Kuliah Umum, Diskusi dan Seminar seperti ini sering dilakukan oleh Fakultas Hukum Universitas Nasional guna menunjang pelaksanaan tridharma perguruan tinggi sekaligus juga untuk memberikan wawasan dan pengetahuan kepada Mahasiswa dan Dosen berkaitan dengan perkembangan hukum baik secara teori maupun dalam praktek. (Msd).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *