Fakultas Hukum

Fakultas Hukum Universitas Nasional

BeritaGaleriKegiatanKerja samaNewsPengumuman

Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Nasional Mengadakan Kunjungan Edukatif dan Audiensi ke Mahkamah Agung Republik Indonesia

Kunjungan edukatif dan audiensi dilakukan oleh Mahasiswa dari Komunitas Peradilan Semu Fakultas Hukum Universitas Nasional diikuti oleh 80 mahasiswa.dan dilaksanakan pada tanggal 22 Agustus 2024. Kunjungan tersebut diterima oleh Kepala Sub Bagian Kepegawaian Mahkamah Agung, Indah Pratiwie, S.E., M.M. dan Hakim Yustisial/Panitera Pengganti pada Kamar Tata Usaha Negara, Anang Suseno Hadi, S.H., M.H., sementara Dosen Fakultas Hukum Universitas Nasional yang turut serta mendampingi mahasiswa tersebut adalah Dr Hamrin, S.H., M.H., M.Si (Han) dan Zulfikar Pahlevi, S.H., M.H. Pada kunjungan dan Audiensi tersebut

Dalam sambutannya Hamrin, Dosen Fakultas Hukum Universitas Nasional  menyampaikan bahwa tujuan dari kunjungan dan audiensi ke Mahkamah Agung adalah menambah wawasan terkait dengan tugas, fungsi, wewenang dan mekanisme kerja Mahkamah Agung Republik Indonesia secara langsung, untuk itu sebagai perwakilan Fakultas Hukum mengucapkan terima kasih telah diterima untuk melakukan audiensi dan kunjungan ini.

Sementara Anang Suseno Hadi, Hakim Yustisial/Panitera Pengganti pada Kamar Tata Usaha Negara  menyampaikan tentang visi dan misi Mahkamah Agung Republik Indonesia, yaitu  Visi Mahkamah Agung “Terwujudnya Badan Peradilan Indonesia Yang Agung”, sementara misinya adalah:

1. Menjaga Kemandirian Badan Peradilan
2. Memberikan Pelayanan Hukum Yang Berkeadilan
3. Meningkatkan Kualitas Kepemimpinan Badan Peradilan
4. Meningkatkan Kredibilitas Dan Transparansi Badan Peradilan

Selain ituAnang Suseno Hadi juga menjelaskan tentang jumlah kasus yang sudah diputus oleh Mahkamah Agung yang jumlahnya puluhan ribu, selain itu Anang Suseno Hadi juga mengatakan bahwa setiap hakim biasanya menyelesaikan kurang lebih 7 ribu perkara. Setelah  pemaparan materi oleh Anang Suseno Hadi, Mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengunjungi Museum Mahkamah Agung Republik Indonesia. Pada awal masuk museum Mahasiswa menyaksikan film dokumenter tentang perkembangan badan peradilan di Indonesia dari zaman dahulu, seperi Landraad, kemudian etelah itu mahasiswa melihat koleksi-koleksi Museum Mahkamah Agung.

Marteen Ketua Komunitas Peradilan Semu Fakultas Hukum Universitas Nasiona mengemukakan bahwa kunjugan ke Mahkamah Agung Republik Indonesia ini adalah merupakan program kerja Komunitas Peradilan Semu, dimana mahasiswa diharapkan mengenal lebih jauh tentang Mahkamah Agung sebagai lembaga yudikatif dan sebagai puncak-puncaknya dari lembaga peradilan di Indonesia, disamping itu juga untuk melengkapi materi perkuliahaan dengan mengunjungi secara langsung Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *