Fakultas Hukum

Fakultas Hukum Universitas Nasional

BeritaGaleriKegiatanNewsPengumuman

Agar Kurikulum Program Studi Sesuai Kebutuhan dan Tuntutan Stake Holder Serta Peraturan Perundangan Fakultas Hukum Universitas Nasional Mengadakan Focus Group Discussion Penyelarasan Kurikulum

Focus Group Discussion Penyelarasan Kurikulum ini dilaksanakan pada hari Kamis, 15 Agustus 2024 di Fakultas Hukum Universitas Nasional untuk menyelaraskan kurikulum Program Studi Sarjana Hukum, Program Studi Magister Hukum dan Program Studi Doktoral Hukum ini dihadiri oleh Pimpinan Fakultas Hukum dan Dosen-dosen dari Program Studi S1, S2 dan S3 sebanyak 20 orang serta pemangku kepentingan. Bertindak sebagai narasumber dalam penyelarasan kurikulum ini adalah Prof. Dr. Ade Saptomo, SH., M.Si., Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Borobudur Jakarta, sekaligus sebagai Asessor BAN-PT dan Mantan Ketua APPTHI (Asosiasi Pimpinan Perguruan Tinggi Hukum Indonesia) sekaligus sebagai ahli kurikulum.

Prof. Dr. Ade Saptomo dalam paparannya mengemukakan bahwa penyelarasan kurikulum harus dimulai dengan penyusunan visi misi fakultas dan program studi, visi fakultas harus menunjang dan turunan dari visi universitas, visi fakultas merupakan visi pengelolaan buka visi keilmuan, visi keilmuan itu di program studi. Jadi setelah visi fakultas sebagai pengelola program studi diturunkan dari visi universitas kemudian visi program studi adalah visi keilmuan yang sesuai dengan stratanya yaitu S1, S2 sdan S3. Visi keilmuan program studi harus spesifik dan kemudian baru diturunkan ke misi, tujuan, sasaran program studi, setelah itu diturunkan dalam kurikulum program studi yang memuat satu atau 2 matakuliah sebagai pencirian dari visi program studi tersebut.

Dr. Mustakim, SH., MH., Wakil Dekan Fakultas Hukum Universitas Nasional mewakili Dekan dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Prof. Dr. Ade Saptomo, SH., M.Si., yang telah memberikan pencerahan dalam penyelarasan kurikulum program Studi Hukum baik S1, S2 dan S3 pada Fakultas Hukum Universitas Nasional. Dalam Focus Group Discussion ini dibahas aspek-aspek penting tentang visi, misi, tujuan dan sasaran Fakultas dan Program Studi, kemudian struktur kurikulum, matakuliah baik matakuliah penciri dari visi misi tersebut, matakuliah wajib maupun matakuliah pilihan serta metode pembelajaran.

Focus Group Discussion ini diakhiri dengan pemberian cinderamata kepada Prof. Dr. Ade Saptomo, SH., M.Si., yang diberikan oleh Prof. Dr. Arrisman, SH., MH., selaku Ketua Program Studi Doktoral Hukum Fakultas Hukum Universitas Nasional. (Msd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *