Fakultas Hukum

Fakultas Hukum Universitas Nasional

BeritaGaleriKegiatanNewsPengumuman

Fakultas Hukum Mengadakan Workshop Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester Berbasis OBE

Workshop Penyusunan RPS (Rencana Pembelajaran Semester) berbasis OBE (Outcame Based Education) ini dilaksanakan pada tanggal 16 Agustus 2024 di Fakultas Hukum Universitas Nasional ini dihadiri oleh Pimpinan dan Dosen Fakultas Hukum dari Program S1, S2 dan S3. Bertindak sebagai Narasumber dalam workshop ini adalah Dr. Heni Jusuf, S.Kom., M.Kom., selaku Kepala Badan Pengembangan Kurikulum Universitas Nasional. Heni Jusuf dalam workshop menyampaikan bahwa Rencana Pembelajaran diperlukan agar belajar lebih efisien dan efektif dan fokus pada performa hasil belajar, menjamin ketercapaian hasil belajar, memberikan panduan belajar bagi mahasiswa, memberikan transparansi dan akuntabilitas dalam pembelajaran, sebagai acuan bagi siklus perbaikan berkelanjutan, dan sebagai panduan bagi dosen dalam pengampuan pembelajaran pada magakuliah.

Heni Jusuf melanjutkan bahwa RPs harus memuat Capaian Pembelajaran meliputi CPL-PRODI  yang dibebankan pada MK, Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK), Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK), Korelasi CPL terhadap Sub-CPMK, Deskripsi Singkat MK, Bahan Kajian: Materi Pembelajaran, Pustaka, Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK), Penilaian meliputi indikator dan teknik serta kriteria, Bantuk Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Penugasan Mahasiswa, materi pembelajaran dan bobot penilaian. Menurutnya bahwa CPL itu berisi tentang Sikap, Ketrampilan Umum, Ketrampilan Khusus dan Pengetahuan, kemudian dijabarkan dalam CPMK Program Studi dan kemudian CPL Program Studi dijabarkan dalam Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub CPMK).

Dr. Mustakim, SH., MH., selaku Wakil Dekan Fakultas Hukum Universitas Nasional mewakili Dekan dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Dr. Heni Jusuf, S.Kom., M.Kom. yang telah berbagi ilmu dan memberikan pencerahan kepada Dosen Fakultas Hukum Universitas Nasional dalam penyusunan RPs berbasis OBE ini. Workshop penyusunan RPs berbasis OBE ini diikuti oleh sebanyak 16 Dosen Fakultas Hukum Universitas Nasional dari Program Studi Sq, S2 dan S3 dengan tujuan untuk merespon perkembangan lingkungan yang semakin pesat serta menyesuaikan dengan tuntutan stake holder. (Msd).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *