The Center for Legal Training and Education (CeLTE)

Fakultas Hukum Universitas Nasional

 

PENDAHULUAN

Sebagai unsur  pelaksana dan penunjang kegiatan pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat, terutama dalam mengembangkan profesionalisme di bidang hukum, keberadaan Pusat Pendidikan dan Pelatihan menjadi suatu keharusan (Conditiosine Quanon). Kederadaa CeLTE-FH.Unas untuk menjadi lembaga yang menghadirkan pendidikan dan pelatian ilmu hukum secara praktis dan konkrit. CeLTE-FH.Unas ditujukan untuk  menjembatani kesenjangan antara pendidikan hukum normatif (Das Solen) dan kebutuhan pengetahuan akan praktik hukum secara riil (Das Sain). Dengan demikian, dalam setiap kurikulumnya, CeLTE-FH.Unas menyediakan perpaduan materi antara teori, hukum positif dan praktik. Hal ini dimaksudkan untuk memberi kemampuan bagi peserta pelatihan dan peserta didik dalam memahami persoalan hukum sekaligus menemukan solusi secara normative dan legal dalam menghadapi persoalan di berbagai bidang bisnis, kepemerintahan, hubungan perdata, pidana dan lain sebagainya. Sehingga dengan demikian hukum tidak hanya dipahami sebagai norma tertulis yang kaku, tetapi hidup dan berkembang seiring dengan dinamika perkembangan kehidupan itu sendiri.

 

 VISI DAN MISI DAN TUJUAN

Visi

Menjadikan CeLTE-FH.Unas sebagai Pusat Pendidikan dan Pelatihan di bidang Hukum, dalam mendidik dan melatih sumber daya manusia yang unggul, mandiri dan berkepribadian serta berdaya saing tinggi di bidang hukum di kancah nasional maupun internasional.

 Misi

  1. Membangun karakter sumber daya manusia yang sinergi antara pengetahuan teoritis dan praktek di bidang hukum.
  2. Mendidik sumberdaya manusia yang mampu memahami perkembangan hukum dalam lintas batas hubungan antar negara.
  3. Menjadikan Sumber daya Manusia yang trampil dalam bidang Hukum.

 Tujuan

  1. Memberikan pemahaman secara praktis kepada masyarakat dalam menghadapi permasalahan hukum secara kongkrit.
  2. Memberikan pemahaman praktis kepada masyarakat dunia usaha dalam menyusun dan mendesain draft kontrak dalam berbagai bidang bisnis.
  3. Memberikan pengetahuan secara teoritik dan praktis tentang upaya-uapaya penyelesaian masalah hukum yang dihadapi, baik secara litigasi maupun non litigasi.
  4. Membangun kerjasama dengan organisasi lain, pemerintah maupun swasta di bidang pelatihan dan pendidikan hukum.
  5. Memberikan pendidikan dan pelatihan bagi calon Advokad untuk mendapat pengetahuan dibidang kepengacaraan.
  6. Memberikan penidikan dan pemehaman mengenai cara-cara advokasi hukum bagi para relawan dibidang hukum yang mendampingi masyarakat untuk mendapatkan akses kepada keadilan.

 

BIDANG-BIDANG PELATIHAN DAN PENDIDIKAN

Dalam rangka mewujudkan visi, misi dan tujuan tersebut di atas CeLTE-FH.Unas menyediakan berbagai pelatihan dan pendidikan hukum seperti:

  1. Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA)
  2. Legal English for Lawyers
  3. Contract Drafting Courses
  4. Pelatihan Hukum Perusahaan
  5. Pelatihan Hukum Pasar Modal
  6. Pelatihan Hukum Pertambangan
  7. Pelatihan Hukum Minyak dan Gas
  8. Pelatihan Hukum Acara Pidana dan Perdata
  9. Pelatihan Hukum Alternative Dispute Resolution (ADR) yang meliputi, Aribitrase, Mediasi dan Konsiliasi
  10. Pelatihan Hukum HKI
  11. Pelatihan Hukum Pajak
  12. Pelatihan di bidang Birokrasi dan Pemerintahan
  13. Pelatihan Prosedur Gugatan Tata Usaha Negara
  14. Pelatihan dan Pendidikan Pancasila dan Konstitusi
  15. Pelatihan dan Pendidikan Anti Korupsi dan Mony Loundring
  16. Dan lain-lain.

 

SDM PENGAJAR

CeLTE-FH Unas menghadirkan pengajar terbaik yang berkompeten di bidangnya sehingga dapat memadukan teori dan pengalaman praktik yang lengkap dalam bidang tersebut. Para pengajar CeLTE-FH.Unas meliputi profesor dan dosen FHUnas dan Fakultas Hukum lain, para praktisi, Polisi, Jaksa, Hakim dan advokat, serta birokrat yang berpengalaman di bidangnya masing-masing.

 

  1. TEMPAT KEDUDUKAN

Pusat Bantuan Hukum (PBH) Universitas Nasional dalam memberikan pelayanan hukumnya berkedudukan di Jalan Sawo Manila No. 61, Pejaten Barat-Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12520, Telp. (021) 7806700, ext. 152 Fax. 7802718-7802719, http//www.unas.ac.id, Email : celte_fhunas@yahoo.com

 

STRUKTUR PENGURUS

Dalam rangka koordinasi pelaksanaan tugas dan tanggungjawab pendidikan dan pelatihan, CeLTE-FH.Unas dipimpin oleh seorang Ketua dan Wakil Ketua serta serta dibantu seorang Sekretaris, bendahara dan staff. Susunan Pengurus sebagai berikut:

Penanggung Jawab   : Dekan Fakultas Hukum Unas

Ketua                        : Mustakim, SH.,MH.

Sekretaris                 : Diah Ratu Sari, S.H., M.H.

Bendahara                 : Ummu Salamah, MA

 

INFORMASI :

Untuk mendapat informasi lebih lanjut dapat menghubungi : Telp. (021) 7806700, Fax. 7802718-7802719 ,ext: 152, http//www.unas.ac.id, E-mail : cetle.fhunas@yahoo.com.