FH UNAS – FH Warmadewa Menyelenggarakan Konfrensi Internasional Bussiness Law and Local Wisdom In Torism

Fakultas Hukum (FH) Universitas Warmadewa (Unwar) bekerjasama dengan Fakultas Hukum Universitas Nasional Jakarta menggelar Konfrensi Internasional di gedung Widyasabha Unwar, Denpasar. Konfrensi yang bertemakan “Bussiness Law and Local Wisdom In Torism” yang dilaksanakan 14-15 Februari 2018 ini menghadirkan 9 orang pembicara utama dari 5 negara berbeda yakni Australia, Malaysia, India, Timor Leste dan Indonesia. Selain menghadirkan pembicara dunia, juga presentasi partisipasi 65 makalah dari dosen-dosen pengajar di sejumlah universitas negeri dan swasta di Indonesia. Konferensi internasional dibuka Menteri Koperasi dan UMKM Indonesia Drs. A.A. Gde Ngurah Puspayoga. Adapun Untuk Pembicara Utama Dari Fakultas Hukum Universitas Nasional yaitu Dr. Ismail Rumadan, MH. Dan untuk presentasi partisipasi dari Dosen Fakultas Hukum Universitas yaitu Masidin, SH., MH., Mustakim, SH., MH., Devarita, SH., MH.
Kerjasama kegiatan ini untuk menambah wawasan steakholder terutama terkait tentang pariwisata yang berbasis pada kearifan lokal. Disamping itu peran hukum dalam bisnis tourism itu penting sekali. Keseimbangan hukum, tourism dan lokal wisdom itu akan menjadi satu instrumen yang akan mensustain peningkatan pariwisata, khususnya di Bali terang Rektor Unwar Prof. dr. Dewa Putu Widjana, DAP&E., Sp.ParK. dalam kata sambutannya. Harapannya konferensi ini mampu menghasilkan produk prosiding yang terindeks scoopus.
Dekan FH Unwar Dr. I Nyoman Putu Budiartha, SH., MH menambahkan bahwa masuknya pariwista, bisnis pun menjadi bergeliat. Budaya lokal setempat pun ditumbuhkan untuk mendukung pariwista. Dalam konferensi ini ada beberapa subtopik yang akan dibahas terkait pariwisata dan tumbuh kembangnya. Ini diharapkan agar masyarakat desa dapat berperan aktif dalam perkembangan tersebut. Pertama dibahas masalah lokal wisdom, lingkungan dan penanaman modal di pariwisata. Juga masalah tanah dan perijinannya. Ini penting, karena Bali merupakan daerah yang kecil namun pariwisatanya paling maju.
Dekan Fakultas Hukum Universitas Nasional Dr. Ismail Rumadan, MH. menambahkan bahwa kerjasama “Mudah-mudahan dengan kegiatan ini akan berlangsung ke bidang-bidang yang lainnya dan dapat meningkatkangrade Universitas Warmadewa dan Universitas Nasional lebih baik.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.