Tambah Akreditasi, UNAS Buktikan Kualitasnya

ban pt unasUniversitas Nasional semakin menguatkan diri dan meningkatkan kualitas sebagai perguruan tinggi swasta tertua di Jakarta. Hal ini dibuktikan dengan memenuhi seluruh peraturan pemerintah di bidang pendidikan antara lain dengan memperbaharui akreditasi program studinya. Hingga akhir tahun, tercatat 90 persen dari 36 program studi di Universitas Nasional telah terakreditasi.

Di penghujung tahun 2012 saja, Unas berhasil menambah nilai – nilai akreditasi pada proses reakreditasi program studi Ilmu Hukum dan Matematika. “Alhamdulillah prodi Ilmu Hukum kita telah menerima Surat Keputusan Akreditasi nilai A dengan poin 369 berdasarkan SK Nomer 044/BAN-PT/Ak-XV/S1/XII/2012, dan program studi Matematika mendapat nilai B dengan poin 316 berdasarkan SK Nomer 042/BAN-PT/Ak-XV/S1/XI/2012,” ungkap Staff Ahli Rektor bidang Akreditasi, Dra. Retno Widowati, M.Si dalam pesan singkat yang diterima Humas Unas, Jum’at (28/12).

Pada kesempatan yang berbeda, Ketua Program Studi Ilmu Hukum, Diah Ratu Sari, S.H.,M.Hum mengatakan bahwa mempertahankan nilai A dalam sebuah program studi bukanlah hal yang mudah, diperlukan proses dan persiapan yang cukup matang. “Senang sekali ilmu hukum kembali mendapat nilai A, karena semua prosesnya tidak gampang, kita juga memerlukan waktu dan kesabaran hingga mendapat hasil tersebut,” papar Diah saat ditemui di ruang Dosen Fakultas Hukum Unas, Blok II Lantai 1, Kamis (3/1).

Lebih lanjut, Diah memaparkan bahwa keberhasilan fakultas Hukum dalam mempertahankan nilai A dalam proses reakreditasi tersebut merupakan bukti konsistensi dan eksistensi Fakultas Hukum Unas untuk menjawab isu – isu negatif seputar akreditasi yang saat ini berkembang di masyarakat.

Untuk mendapat kategori A pada proses akreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), diperlukan jumlah poin berkisar 361 – 400, untuk nilai B jumlah yang dibutuhkan antara 301 – 360, sementara untuk C jumlah poinnya adalah 200 – 300. Terkait hal ini, rata – rata akreditasi program studi Unas banyak di dominasi oleh nilai A dan B.

Hal ini memungkinkan bagi Unas untuk meraih total 100 persen terakreditasi. Pasalnya, 4 program studi lain yakni program strata satu Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Sosiologi, Diploma Tiga Bahasa Mandarin, serta Diploma Empat Bidan Pendidik saat ini sedang menunggu jadwal visitasi dan hasil nilai akhir dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Dengan demikian, Universitas Nasional berharap dapat terus meningkatkan kualitas institusi baik secara akademik maupun non akademik untuk mewujudkan visinya yakni menjadikan Universitas Nasional sebagai lembaga pendidikan yang dinamis dan progresif dalam menegakkan kebenaran dengan komitmen pada pembangunan nasional secara bertanggung jawab.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *