Fakultas Hukum

Fakultas Hukum Universitas Nasional

AlumniBeritaGaleriKegiatanKegiatan dan PrestasiNewsPengumuman

Surat Keterangan Pendamping Ijazah Sangat Penting Bagi Mahasiswa Untuk Dapat Diketahui Recognisi atau Pengakuan Bagi Kompetensinya

Demikian disampaikan oleh Prof. Dr. Basuki Rekso Wibowo, SH., MS., Dekan Fakultas Hukum Universitas Nasional pada saat membuka pelatihan hukum bagi Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Nasional yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 6 Juli 2024 di Menara Universitas Nasional, Jalan Harsono RM, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Lebih lanjut dikatakan oleh Dekan bahwa Mahasiswa harus dibekali berbagai pengetahuan hukum praktis agar dapat dijadikan sebagai bekal ketika nanti terjun dalam kehidupan masyarakat dan bekerja baik di instansi pemerintah maupun swasta sehingga dapat menyelesaikan permasalahan-permasalahan hukum yang dihadapinya. Hal ini disampaikan oleh Dekan Fakultas Hukum Universitas Nasional dalam pelatihan hukum guna menunjang SKPI (Surat Keterangan Pengganti Ijazah) yang diikuti oleh 185 Mahasiswa Fakultas Hukum.

Pelatihan yang dilaksanakan pada tanggal 6 Juli 2024 diikuti oleh 185 Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Nasional dengan mengangkat 2 (dua0 tema pelatihan sekligus yaitu “Mahir Menyelesaikan Sengketa Perselisihan Hubungan Industrial” dan “Pelatihan Penyusunan Peraturan Perundang-undangan (Legal Drafting)”. Pelatihan diselenggarakan menjadi 2 (dua) sesi yaitu sesi 1 dilaksanakan pada jam 08.30-12.30 dan sesi 2 dilaksanakan pada jam 13.00-17.00 dengan narasumber yang berkompeten dibidangnya.

Sesi I dengan tema “Mahir Menyelesaikan Sengketa Perselisihan Hubungan Industrial”, diberikan oleh 3 (tiga) narasumber, yaitu:

  1. Dayanto, SH., MH., memberikan materi dengan judul “Konsep Hubungan Industrial di Indonesia”
  2. Masidin, SH., MH., memberikan materi dengan judul “Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dan Hak-Hak Hukumnya”
  3. Dr. Mustakim, SH., MH., CMC., CCD., memberikan materi dengan judul “Mekanisme Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial”.

Sedangkan Sesi II dengan tema “Pelatihan Penyusunan Peraturan Perundang-undangan (Legal Drafting)” diberikan oleh 3 (tiga) narasumber, yaitu:

  1. Dr. Hamrin, S.H., M.H., Msi (Han), memberikan materi dengan judul “Jenis dan Muatan Peraturan Perundang-Undangan”
  2. Achmad Sobari., S.H., M.H. Ph.D., memberikan materi dengan judul “Proses Pembentukan Peraturan Perundang-undangan”
  3. Dr. Ricca Angraeni, S.H., M.H., memberikan materi dengan judul “Simulasi/ Pelatihan/Praktik Penyusunan Per-UU-an” (Msd)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *