Fakultas Hukum

Fakultas Hukum Universitas Nasional

BeritaGaleriKegiatanKegiatan dan PrestasiKerja samaNewsPengumuman

GUNA MENINGKATKAN REKOGNISI DOSEN: MUSTAKIM IKUTI KONFERENSI NASIONAL AAPAAPSI DI FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA

Konferensi Nasional I Hukum Arbitrase Dan Alternatif Penyelesaian Sengketa Dan Musyawarah Kerja Nasional APA-APSI tersebut diselenggarakan oleh AAPAAPSI pada tanggal 2-3 Juli 2024 di Universitas Airlangga Surabaya. Konferensi perdana tersebut mengangkat tema “ Memperingati “25 Tahun Undang-Undang Nomor 30 Tahun 1999 Tentang Arbitrase dan Alternatif Penyelesaian Sengketa” diikuti oleh jajaran kepengurusan dan anggota AAPAAPSI dari seluruh Indonesia.

Mengingat pentingnya kegiatan tersebut, Fakultas Hukum Universitas Nasional menugaskan Dr. Mustakim, S.H., M.H., CMC., CCD, untuk hadir dan mengikuti kegiatan konferensi nasional tersebut, dan mempresentasikan artkel dengan judul “:MEMAKSIMALKAN PERAN MEDIATOR NON-HAKIM DALAM PENYELESAIAN SENGKETA PERDATA DI INDONESIA. Kegiatan ini diikuti dalam rangka pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan peningkatan Rekoginisi Dosen Fakultas Hukum Universitas Nasional.

Dalam presnetasinya, Mustakim menyampaikan bahwa Mediasi wajib yang selama ini dilakukan di Pengadilan untuk dikeluarkan menjadi Mediasi Wajib di Luar Pengadilan dengan tetap memegang prinsip kebebasan pilihan mediator bagi pihak yang bersengketa. Tujuan ide itu untuk memaksimalkan peran Mediator Non Hakim agar beban pengadilan tidak terlalu berat dengan banyaknya perkara yang masuk di Pengadilan. Untuk itu, Mustakim merekomendasikan perubahan Perma Nomor 1 Tahun 2016 dan RUU Hukum Acara Perdata. (Mtkm)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *